Rabu, 07 Oktober 2015



MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN TUBUH
 
Hai… Netizen yang ku sayangi..

Kali ini “Aysha Mam” akan membahas mengenai “Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh”
Netizen… ada yang tahu rasa jeruk nipis..??? emm… pasti semuanya menjawab, rasa jeruk nipis itu masamnya minta ampuuunnn dechhh…

Kenapa rasa jeruk nipis itu masam???...
Apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh …???

Ada yang tahu netizen….”” Mari kita bahas bersama sama mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh. 




Jeruk nipis adalah  tumbuhan perdu yang menghasilkan buah yang biasanya berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit.

Klasifikasi tanaman jeruk nipis:
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Sapindales
Famili : Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus : Citrus
Spesies : Citrus aurantifolia (Christm.) Swing

Kandungan Yang Ada Dalam Jeruk Nipis
 
1.       Kandungan Vitamin C
Satu buah jeruk nipis dengan ukuran sedang terkandung sekitar 30,7 mg vitamin C. Hal ini setara dengan 25% sampai 30% dari asupan harian yang dibutuhkan. Vitamin yang larut dalam air ini merupakan vitamin yang penting untuk membantu proses pembentukan kolagen dalam tulang rawan, tulang, serta pembuluh darah. Disamping itu, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat memberi perlindungan untuk tubuh terhadap kerusakan yang dapat diakibatkan oleh radikal bebas, serta berkhasiat untuk memperkuat fungsi kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

2.       Kandungan Vitamin Lainnya
Jeruk nipis mengandung sedikit vitamin B seperti vitamin B6, tiamin, niacin, dan asam pantotenat. Vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu sistem saraf pusat hingga mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Dalam satu buah jeruk nipis dengan ukuran sedang mengandung sekitar 13 IU vitamin A, 6 mcg folat dan 3 mg kolin. Vitamin A dan folat dapat berfungsi untuk membantu mengatasi peradangan,  membantu pembentukan dan menjaga sel-sel baru serta menjaga kesehatan mata. Bagi wanita Hamil, sangat disarankan untuk menambah asupan folat selama masa kehamilan yang berguna untuk mencegah cacat lahir pada bayi.

3.       Kandungan Mineral
Dalam satu buah jeruk nipis ukuran sedang juga mengandung sekitar 80 mg kalium, 5 mg magnesium dab 15 mg kalsium. Tubuh kita memerlukan sekitar 1000 mg sampai 1200 mg kalsium tiap harinya, dan 1 buah jeruk nipis setidaknya sudah dapat memenuhi sekitar 1% dari kebutuhan tersebut. mineral pada jeruk nipis berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengantarkan energi, menjaga fungsi otot dan pembentukan protein.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh
1.       Kesehatan mata
2.       Dapat memperkuat system imun
3.       Ambeien
4.       Amandel
5.       Anyang-anyangan
6.       Batuk
7.       Batuk disertai influenza
8.       Bau badan
9.       Batu ginjal
10.    Difteri
11.    Demam
12.    Haid tidak teratur
13.    Jerawat
14.    Radang tenggorokan
15.    Tekanan darah tinggi
16.    Sakit gigi
17.    Pegel Linu
18.    Terkilir

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain: menghilangkan jerawat, membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut dan berkilau, dan dapat menghilangkan ketombe.

Demikian pembahasan mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh,  dibalik rasa masamnya jeruk nipis tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itu mulai dari sekarang rajin rajinlah pakai jeruk nipis agar tubuh kita selalu sehat dan kuat.
Semoga bermanfaat…..


0 komentar:

Posting Komentar